Klinik Kulit dan Kelamin merupakan salah satu layanan unggulan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang. Dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) merupakan dokter yang fokus menangani beragam masalah pada kesehatan kulit dan kelamin, baik pria maupun wanita.
Seorang dokter kulit dan kelamin memiliki pengetahuan dan keterampilan klinis untuk menangani penyakit kulit dan kelamin. Mulai dari menentukan diagnosis penyakit, memberikan penanganan berupa obat minum dan obat oles serta melakukan tindakan pada kasus-kasus tertentu.
Sama dengan dokter lainnya, dokter spesialis kulit dan kelamin juga menangani pasien dimulai dengan melakukan diagnosis terlebih dahulu. Diagnosis tersebut meliputi wawancara riwayat keluhan, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, sehingga dokter bisa mengetahui berbagai faktor penyebab masalah yang dialami pasien sekaligus menentukan jenis pengobatan maupun perawatan yang tepat.

Jenis Layanan :
KONSULTASI PENYAKIT KULIT DAN KELAMIN
Ragam penyakit kulit dan kelamin yang dapat ditangani oleh dokter Spesialis Kulit dan Kelamin :
Eksem atau dermatitis
yaitu kondisi ruam akibat peradangan kulit. Eksim dan dermatitis kerap dialami secara berulang, sehingga penanganan dan pencegahan yang tepat perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya keluhan pada kulit.
Kelainan Pigmen
Seperti Melasma, Vitiligo, Albinisme dan Hiperpigmentasi pasca inflamasi
Psoriasis
dikenali sebagai gejala berupa bercak kulit berwarna merah dengan sisik tebal keperakan akibat gangguan autoimun pada kulit, yang terjadi secara kronis.
Kanker kulit
yaitu kanker pada kulit seperti melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.
Selain itu, ada pula beberapa jenis penyakit kulit akibat infeksi jamur, bakteri, parasit dan virus antara lain seperti:
Skabies (Gudig/Kudis)
Infestasi Kutu (Pedikulosis)
Creeping Eruption (Migrasi Larva Kutaneus)
Infeksi jamur
yang disebabkan oleh sekelompok jamur.
Infeksi ini dapat mengenai kulit, kuku, dan kulit kepala.

Kutil
disebabkan oleh virus yaitu human papillomavirus (HPV) yang menginfeksi lapisan atas kulit, sehingga menyebabkan pertumbuhan jinak pada kulit yang dapat menular. Dokter kulit dapat membantu menghilangkan kutil dengan berbagai teknik yang sesuai dengan kondisi pasien.
Herpes zoster
dikenal di Indonesia sebagai cacar api atau cacar ular. Infeksi virus ini dapat menyebabkan ruam yang nyeri, bahkan berisiko mengganggu mata.
Perawatan yang dilakukan terutama untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah rasa sakit, gatal dan bahkan mati rasa, di daerah ruam.
Beragam penyakit kelamin lain yang umumnya ditangani dokter kulit dan kelamin antara lain :
Sifilis
Gonore
Chlamydia
Jengger ayam
Herpes

Mikrodermabrasi
untuk peremajaan kulit, melasma, hiperpigmentasi pasca inlfamasi, bekas jerawat, mengecilkan pori-pori (pore reduction).

Facial dan Chemical peeling
Facial adalah perawatan untuk membersihkan kulit wajah, biasanya dilakukan sebagai awal dari perawatan wajah yang lain.
Chemical peeling adalah prosedur kecantikan dimana bahan kimia diaplikasikan ke permukaan wajah guna menghilangkan lapisan atas kulit atau kulit mati. Teknik ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

KONSULTASI KOSMETIK MEDIK
Jerawat
Flek pada wajah (melasma)
Hiperpigmentasi pasca peradangan
Bekas jerawat
Pori-pori lebar
Alat – alat yang tersedia utk pelayanan kosmetik medik :
Elektrosurgery
menghilangkan kutil, mata ikan, syringoma

Laser NdYag Extended Platform
untuk, jerawat, jaringan parut akibat jerawat (skar akne), peremajaan kulit, hiperpigmentasi pasca inflamasi, melasma, menghilangkan tattoo, tanda lahir (Nevus Ota), mengecilkan pori-pori (pore reduction).

Laser NdYag Extended Platform
untuk, jerawat, jaringan parut akibat jerawat (skar akne), peremajaan kulit, hiperpigmentasi pasca inflamasi, melasma, menghilangkan tattoo, tanda lahir (Nevus Ota), mengecilkan pori-pori (pore reduction).

Elektrosurgery
menghilangkan kutil, mata ikan, syringoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *